RENCANA PEMBANGUNAN PANSIMAS TAHUN 2018

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Di Karangtalok sudah berdiri Tower untuk penampungan Air Bersih dari Pansimas yang berada di gang Sepat yang saat ini cukup untuk menyediakan Air Bersih di wilayah Desa Karangtalok tepatnya di Dusun I, sementara permintaan masyarakat akan adanya Air bersih ini sangat tinggi dan menyeluruh di segala penjuru Desa Karangtalok baik di Dusun II maupun Dusun III.

 

Dengan tingginya permintaan masyarakat dengan Pasokan Air Bersih dan juga sebagai pemerataan penyediaan air bersih bagi  seluruh warga desa Karangtalok maka perencanaan pembangunan penampungan air bersih dari PANSIMAS pun dilakukan dengan berkonsultasi dengan petugas dan selanjutnya dengan dilakukan peninjauan Lokasi pembangunan.

PETA karangtalok

Perencanaan pembangunan Tower Pansimas akan berlokasi di Dusun II dan Dusun III, dengan harapan dapat menyediakan Air Bersih untuk konsumsi masyarakat sehari hari dan meningkatkan kesehatan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*