BUMDes “NGUDI MULYO” DESA KARANGTALOK

Karangtalok- Sekarang ini Pemerintah pusat sangat memperhatikan kondisi masyarakat desa yang di tuangkan dalam Kementrian baru yaitu Kemendesa dari segala aspek untuk mensejahterakan rakyatnya. salah satunnya pembentukan BUMDesa. Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelolah oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomi desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa Payung hukumnya saja sangat kuat yaitu dengan UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 72 Tahun 2005 tentang Desa.

Sebenarnya di karangtalok sendiri sudah mempunyai Badan Usaha sendiri sebelum adanya BUMDes ini dan setelah dibentuknya BUMDes TANI MIGUNO yang sudah di bentuk pada tanggal 10 Desember kemaren. tapi setelah pembentukan BUMDesa semua usaha tersebut di ambil alih oleh Kepengurusan BUMDes. Semua usaha tersebut berbasis keada kesejahteraan kepada masyarakat petani antara lain Mesin Pompa Air yang dipergunakan untuk pengairan sawah, yang terletak di sawah sebelah barat.

20161028_071723

Pompa Air untuk pengairan sawah.

Saat ini dengan peluncuran BUMDes ini Pemerintah Desa sudah merancang beberapa Jenis usaha baru yang sesuai dengan kondisi masyarakat.

Budidaya Lele merupakan salah satu dari Usaha yang didirikan Pemerintah Desa dan merupakan Jenis usaha yang pertama seteleh pembentukan BUMDes Tani Miguno karena sudah tersedianya lahan dan Kolam serta tersedianya Tenaga Ahli yang siap untuk memajukan Usaha Desa di bidang peternakan. Abdul Hakim adalah salah seorang pejuang BUMDes Tani Miguno karangtalok, Beliaulah yang selama ini dipercayakan Pemerintah Desa untuk merawat Budidaya Lele.

2016-12-26-08-36-18

Abdul Hakim sedang memberikan pakan Lele.

Selain Lele BUMDes Tani Miguno jaga sedang merancang satu usaha lain yaitu Budidaya Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus). Untuk sekarang pembangun sepenuhnya berjalan karena Masih dalam pengumpulan bahan materian, rencananya pembangunan Kumbung akan berlokasi di samping Kolam Lele yang suddah berjalan dan peletakan batu pertama akan dilaksanak pada Tanggal 2 Januari tahun depan (2017 hehe). Pemilihan Budidaya Jamur Tiram karena dikarangtalok sendiri sudah banyak yang menjalankanya serta kebutuhan Pasar akan Jamur Tiram sekarang ini sangat Besar.

2016-12-26-08-37-49

Bahan Bangunan untuk pendirian Kumbung Jamur Tiram.

Kedepan masih banyak Perencanaan Usaha dan potensi yang ada di karangtalok yang belum terealisasi karena masih mengkalkulasi BOP agar berjalan dengan baik untuk mensejahterakan masyarakat desa Karangtalok pada Khususnya dan mensekseskan Progam Pemerintah pada Umumnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *